Banyaknya kosmetik yang hadir di pasaran membuat orang kadang menjadi bingung apa tujuan dari setiap produk. Seperti halnya toner, mungkin tidak sedikit orang yang masih bertanya-tanya mengenai cara membuat toner cuka apel untuk kecantikan kulit wajah. 


Umumnya toner merupakan cairan berbasis air dengan konsistensi seperti cuka yang mengandung bahan-bahan aktif untuk membantu mengatasi masalah kulit yang spesifik

Apel merupakan buah yang mengandung berbagai macam vitamin yang sangat baik untuk tubuh, khususnya kulit. Apel dapat dikonsumsi secara langsung atau dapat dijadikan jus dengan dikombinasikan buah lainnya. Fermentasi sari buah apel ini memiliki kandungan yang berguna untuk rambut, kulit, serta kuku. Contohnya kandungan betakaroten yang dapat menutrisi kulit dan rambut sehingga lebih halus dan berkilau. Selain itu, pH cuka apel juga seimbang sama seperti kulit manusia sehingga dapat membantu mengembalikan pH kulit kita seperti semula.

Cuka apel merupakan salah satu bahan perawatan kecantikan favorit para selebrity dunia, salah satunya adalah Scarlett Johansson yang memiliki masalah kulit sensitif dan minyak berlebih, dia sering sekali mengalami masalah jerawat pada wajah yang berminyak. Namun setelah sering menggunakan cuka apel sebagai toner wajah masalah itupun perlahan berhasil teratasi.

Cuka apel mengandung alpha-hydroxy acid yang dapat membantu mengatasi sumbatan pada pori pori kulit. Hydroxys menghilangkan lapisan terluar sel kulit mati sehingga saat Anda rutin menggunakan toner dari cuka apel Anda akan merasakan perubahan kulit yang lebih bersih dari komedo, pori pori mengecil dan yang lebih penting lagi wajah Anda tampak lebih cerah. Selain membantu mengatasi sumbatan pada pori pori yang merupakan sumber dari segala masalah kulit, Toner cuka apel juga memiliki manfaat berikut ini :

  • Meratakan warna kulit
  • Melindungi wajah dari pengaruh buruk sinar matahari
  • Menghilangkan sel-sel kulit mati
  • Mengecilkan pori-pori kulit
  • Menghilangkan jerawat
  • Menghilangkan bekas luka

Cara membuat toner cuka apel sendiri pun mudah banget, lho. Kamu hanya perlu mencampurkan air mineral dengan cuka apel ke dalam botol atau wadah bersih, kemudian mengocoknya hingga tercampur sempurna. And you’re done! You can use your DIY apple vinegar toner, ladies!
Nah, untuk perbandingan volume air mineral dan cuka apel yang dicampurkan, sebaiknya kamu menyesuaikan takarannya dengan jenis kulit kamu, agar mendapatkan hasil yang maksimal tanpa menyebabkan masalah kulit, ladies. Berikut ini detailnya:

  • Kulit Sensitif

Cuka apel : air mineral = 1 : 4, jadi misalnya kamu menggunakan 5 sdm cuka apel, kamu perlu mencampurkannya dengan 20 sdm air mineral.

  • Kulit Normal

Cuka apel : air mineral = 1 : 2, jadi misalnya kamu menggunakan 8 sdm cuka apel, kamu perlu mencampurkannya dengan 16 sdm air mineral.

  • Kulit Berminyak

Cuka apel : air mineral = 1 : 1, jadi misalnya kamu menggunakan 15 sdm cuka apel, kamu perlu mencampurkannya dengan 15 sdm air mineral.

Saat mencoba untuk yang pertama kalinya, kami menganjurkan dengan perbandingan 1:3 meski berkulit normal atau berminyak. Setelah itu gunakan secara bertahap sampai kulit terbiasa dengan cuka apel. Indera penciuman Anda juga harus terbiasa dengan baunya yang menyengat.

Langkah selanjutnya adalah bersihkan wajah dengan menggunakan pembersih yang lembut dan keringkan. Lalu celupkan kapas ke dalam cuka apel yang telah dilarutkan, peras sisa air yang berlebih kemudian usapkan pada wajah Anda. Hindari bagian area mata untuk mencegah iritasi. Rasanya mungkin akan sedikit terbakar, tetapi tidak terlalu menyengat. Wajah pun langsung terlihat bersih.

Baca Juga: 4 Tips Cara Membedakan Cuka Apel Bragg Asli dan Palsu

Kategori: Artikel

0