Manfaat cuka apel untuk wajah memang banyak sekali. Bisa mengatasi berbagai macam masalah kulit. Seperti jerawat, noda hitam, kulit kusam dan lainnya. asam dari cuka akan membuat sel kulit mati kering dan menggantinya dengan sel kulit baru. Sehingga jerawat cepat kering dan kulit kusam pun menghilang. Cuka apel juga bisa menjaga keseimbangan ph kulit, sehingga bisa terbebas dari berbagai masalah kulit lainnya.

Mengatasi Jerawat

Cuka apel dapat membunuh bakteri, membantu menjaga keseimbangan pH kulit, dan menyerap minyak yang berlebihan pada kulit. Gunakan satu bagian cuka apel  dalam 3-4 bagian air. Aplikasikan pada kulit dengan menggunakan kapas dan biarkan selama sepuluh menit lalu bilas. Gunakan tiga kali sehari. Untuk kasus yang jerawat yang parah, diamkan semalaman.

Bintik Hitam Pada Wajah

Tumbuklah bawang dan tiriskan dalam mangkuk, dan aduk dengan jumlah yang sama dari cuka apel. Terapkan dengan kapas yang dicelupkan ke dalam campuran tersebut. Atau, minum beberapa tetes cuka apel dalam segelas air dan tambahkan madu sebagai pemanis.

Menghilangkan Selulit

  1. Penggunaan topikal (oles): Campur 3 bagian cuka apel dengan satu bagian dari minyak pijat favorit Anda dan dengan lembut pijatkan pada kulit yang terkena selulit dua kali sehari.
  2. Penggunaan Oral (minum): Campur 2 sendok makan cuka sari apel ke dalam segelas air. Tambahkan madu sebagai pemanis. Minum setiap pagi.

Infeksi Jamur (keputihan)

Cuka apel memiliki sifat antiseptik yang membantu dalam pengobatan infeksi jamur, seperti Candidiasis yang menyebabkan keputihan. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  1. Tambahkan cuka apel 1 ½ cangkir ke dalam bak berisi air hangat dan kemudian rendam di dalamnya selama sekitar 20 menit. Hal ini dilakukan sekali sehari selama 3 hari.
  2. Setelah 3 hari dari perendaman, buatlah campuran yang terdiri dari 1 ½ gelas air dan 2 sendok makan cuka sari apel. Kali ini digunakan sebagai douche pada jalan lahir dua kali sehari selama 5 hari.
  3. Setelah beberapa hari douching, mulai minum segelas air yang dicampur dengan 1 sendok teh cuka sari apel sehari sekali. Hal ini dapat membantu mencegah terjadinya infeksi jamur.
Kategori: Cuka Apel Bragg

0