Mengkonsumsi cuka apel untuk jerawat? Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang membuat seseorang merasa tidak percaya diri. Hampir semua orang akan menutupi jerawat yang muncul, mulai dari make up tebal, ditutup dengan plester, hingga dipecah sendiri. Penanganan cara yang tidak tepat justru dapat membuat jerawat semakin parah. Oleh karena itu, jerawat harus segera diatasi dengan baik, seperti menggunakan cuka apel ini.

Manfaat Cuka Apel untuk Jerawat

Cuka apel mulai dikenal dengan munculnya mereka cuka apel bragg dengan berbagai khasiat yang ditawarkan. Sudah banyak orang yang membuktikan sendiri bagaimana khasiat cuka apel yang baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Salah satu khasiat cuka apel dalam kecantikan adalah untuk mengatasi jerawat.

  1. Membantu membunuh bakteri jerawat

Cuka apel sudah terbukti mampu mengurangi jumlah berbagai bakteri sampai 90% dan mengurangi virus tertentu sampai 95%. Cuka apel mengandung asam laktat, sitrat, suksinat dan asam asetat yang terbukti dalam membunuh bakter P.acnes penyebab jerawat. Sebuah penelitian pada 22 orang menunjukkan bahwa mereka mengalami penurunan jumlah jerawat secara signifikan setelah pemakaian lotion berbahan asam laktat dia kali sehari dalam setahun. Inilah cuka apel untuk jerawat.

  1. Mengurangi luka bekas jerawat atau jaringan parut

Selain jerawat aktif, penggunaan cuka apel ternyata juga dapat bermanfaat untuk mengurangi bekas luka atau bekas jerawat serta jaringan parut pada kulit wajah. Pengolesan asam organik pada kulit dapat menghilangkan lapisan kulit luar yang rusak sehingga regenerasi sel kulit akan meningkat. Kandungan asam laktat dalam cuka apel mampu memperbaiki pigmentasi, tekstur, dan tampilan kulit bekas jerawat. Meskipun demikian, masih dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai efek dari cuka apel untuk jaringan parut pada kulit.

Cara Penggunaan Cuka Apel

Cuka apel biasanya memiliki tingkat keasaman yang tinggi, sehingga harus diencerkan terlebih dahulu sebelum digunakan. Berikut cara mudah menggunakan cuka apel untuk jerawat:

  1. Campurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1:3. Apabila Anda memiliki kulit lebih sensitif, maka tambahkan air lebih banyak untuk mengurangi reaksi berlebih pada kulit.
  2. Sebelum penggunaan cuka apel, bersihkan terlebih dahulu wajah dengan sabun wajah agar terbebas dari kotoran. Lalu, keringkan dengan kain bersih atau handuk.
  3. Oleskan larutan cuka apel pada bagian kulit yang berjerawat menggunakan cotton bud atau kapas. Lakukan dengan lembut.
  4. Setelah itu, diamkan selama 5-20 detik kemudian bilas dengan air. Keringkan dengan kain bersih atau kapas.
  5. Ulangi lagi 1-2 kali per hari.

Selain cuka yang sudah disaring, cuka mentah ternyata memiliki khasiat yang lebih banyak, bukan hanya cuka apel untuk jerawat pasir. Ampas atau biang yang mengendap pada bawah botol mengandung enzim, bakteri dan protein yang bermanfaat juga bagi kesehatan. Jadi, tidak perlu takut memilih cuka apel yang masih mentah karena khasiatnya lebih banyak.

Efek Samping Penggunaan Cuka Apel

Ciri khas dari cuka apel adalah kandungan asam yang cukup tinggi, sehingga akan menimbulkan rasa seperti luka bakar dan panas setelah cuka apel dioleskan pada kulit secara langsung. Pada pemakaian jangka panjang, cuka apel dapat menyebabkan rasa seperti luka bakar, berbeda dengan pemakaian baru saja. Oleh karena itu, penting untuk mengencerkannya terlebih dahulu agar tidak terjadi luka bakar.

Selain itu, akan lebih baik jika Anda lebih berhati-hati pada kulit wajah yang sensitif karena cuka apel untuk jerawat memungkinkan terasa seperti luka bakar bisa lebih besar jika pengenceran tidak dilakukan dengan benar. Hindari juga pada kulit yang sedang luka karena bisa menyebabkan kerusakan kulit beserta rasa sakit.

Apabila Anda merasakan luka bakar atau panas, tambahkan air dalam campuran tersebut. Oleskan lagi pada kulit, tapi jika rasa luka bakar itu belum hilang juga, hentikan pemakaiannya sekarang juga. Sebaiknya, Anda segera berkonsultasi dengan dokter karena kulit sensitif memang tidak diperkenankan menggunakan produk kecantikan secara sembarangan.

Meskipun terdapat efek samping dalam pemakaian cuka apel, masih banyak orang yang memilih cuka apel untuk mengatasi jerawat. Asalkan pengenceran dilakukan dengan benar, efek samping ini tidak akan kita rasakan. Justru, khasiat luar biasa dari cuka apel untuk jerawat bruntusan.

Baca Juga: Rendam Kaki dalam Air Cuka Apel, Wow! Manfaatnya Luar Biasa

Kategori: Artikel

0