Keamanan penggunaan cuka apel untuk ibu menyusui sudah dikonfirmasi oleh dokter, yang notabene mempunyai pengetahuan lebih mendalam tentang dunia kesehatan. Seperti kita ketahui bahwa, saat ini popularitas cuka apel sedang meningkat. Mereka banyak mencari informasi tentang cuka apel. Pada kenyataannya, cuka apel merupakan bahan alami yang memiliki kandungan yang sangat lengkap sehingga bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan status kesehatan kita.

Keamanan cuka apel untuk diet ibu menyusui sering ditanyakan karena kebanyakan ibu hamil dan menyusui merasa ragu apakah mereka diperbolehkan mengkonsumsi cuka apel yang terkenal dengan manfaatnya yang sangat beragam.

Bila pada ibu hamil penggunaan cuka apel masih diragukan keamanannya, lalu apakah hal ini berlaku pada ibu menyusui? Dalam kesempatan ini, kita bahas tentang apakah cuka apel untuk ibu menyusui itu aman atau tidak, baik bagi ibu maupun bagi sang bayi yang disusuinya.

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Cuka Apel?

Seperti yang sudah kita sebutkan tadi bahwa, ada beberapa dokter yang menyatakan bahwa cuka apel untuk ibu menyusui tidak berbahaya karena memang cuka apel yang diminum ibu tidak langsung dikonsumsi oleh bayi secara langsung.

Hal ini berbeda dengan cuka apel yang diminum oleh ibu hamil di mana hal ini bisa langsung berpengaruh terhadap bayi karena ada tali pusat yang terhubung langsung ke janin dalam kandungan. Dalam hal ini, apapun yang dikonsumsi ibu akan langsung berdampak kepada janinnya.

Cuka apel bagi ibu menyusui sebanarnya juga tergantung dari cara pengunaannya. Bila cuka apel tersebut digunakan di luar tubuh saya pribadi berpendapat hal tersebut tidak berbahaya karena tidak akan berdampak langsung kepada bayi. Sebagai contoh, penggunaan toner cuka apel untuk ibu menyusui tidak akan berdampak apapun bagi bayi. Ada beberapa ibu hamil yang kadang menggunakan toner wajah yang terbuat dari cuka apel dan hal ini diperbolehkan.

Manfaat Cuka Apel Untuk Ibu Menyusui

Seperti kita ketahui bahwa, cuka apel memiliki kandungan yang sangat lengkap dan sangat berguna untuk mengatasi berbagai macam masalah penyakit. Namun demikian, kita akan kesulitan menemukan referensi dari manfaat cuka apel untuk ibu menyusui. Karena kita tidak bisa mendapatkan referensi yang sesuai maka bila anda klaim bahwa cuka apel berpengaruh terhadap ibu menyusui seperti bisa melancarkan asi misalnya, maka hal tersebut bisa dipastikan merupakan klaim pengalaman pribati yang subyektivitasnya masih perlu dipertanyakan.

Terkadang, ada berita dan kabar tertentu yang belum teruhi kebenarana. Hal yang sama juga terjadi dengan manfaat dan khasiat sesuatu. Kita jangan termakan berita dan telalu percaya bila hal tersebut belum terbukti. Untuk hal-hal tentang manfaat kesehatan dari suatu barang atau produk kita baru boleh percaya bila sudah dibuktikan di laboratorium yang terpercaya atau dikonfirmasi oleh tenaga kesehatan dalam hal ini adalah dokter.

Cuka apel mengandung berbagai bahan-bahan alami yang sangat berguna untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Namun demikian, untuk ibu hamil dan ibu menyusui untuk selalu berhati-hati.

Bila anda merasa ragu akan sesuatu, ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter kandungan dan memastikan bahwa cuka apel aman untuk dikonsumsi ibu menyusui. Cuka apel untuk ibu hamil mungkin harus dilihat dari kasus per kasus agar lebih aman bertanyalah kepada dokter kandungan untuk mengetahui yang terbaik untuk kandungan.

Baca Juga: Bolehkah Minum Cuka Apel untuk Ibu Hamil?

Kategori: Artikel

0