Ternyata cuka apel untuk gigitan nyamuk itu benar-benar terbukti. Seperti yang telah diketahui, bahwa nyamuk adalah salah satu serangga yang selalu mencari makan dengan menghisap darah seseorang. Buruknya lagi adalah, untuk dapat menghilangkan bekas luka oleh gigitan nyamuk ini sangat sulit sekali. Padahal, gigitan nyamuk itu bisa menimbulkan rasa gatal dan juga bentol-bentol kemerahan. Sehingga, hal ini membuatnya menjadi tidak nyaman.

Manfaat Cuka Apel Untuk Bekas Gigitan Nyamuk

Manfaat cuka apel untuk bekas gigitan nyamuk ini benar-benar bisa dirasakan manfaatnya dengan cara pengolahan yang benar. Bahkan, tidak hanya dapat digunakan untuk mengatasi bekas gigitan nyamuk saja, cuka apel ini juga bisa digunakan untuk memudarkan masalah noda pada kulit wajah. Noda kulit wajah ini umumnya dapat terjadi karena bekas jerawat yang telah menghitam dan juga masalah penuaan dini.

Jadi, salah satu manfaat dari cuka apel adalah untuk gigitan nyamuk. Karena, didalamnya mengandung Alpha Hidroxy Acid yang bisa membuat proses regenerasi menjadi lebih cepat. Cara untuk pengolahannya dengan mencampurkan 1 sendok makan cuka apel dengan 2 cangkir air mineral. Setelah itu, celupkan kapas ke campuran cuka apel ini, dan usap pada wajah. Bila sudah, diamkan 10 menit, lalu bilas menggunakan air hangat.

Manfaat Cuka Apel untuk Melawan Jerawat

Selain cuka apel untuk gigitan serangga, ternyata cuka apel juga baik untuk mengatasi masalah jerawat di wajah. Cuka apel berguna untuk mencegah jerawat karena didalamnya mengandung zat antiseptik dan juga terdapat kandungan zat anti bakteri. Kandungan yang lain di dalam cuka apel ini adalah terdapat acetic acid dan alpha hidroxy acid yang bisa membuat pori-pori kulit bisa terbebas dari bakteri penyebab jerawat.

Cara untuk membuat cuka apel untuk gigitan serangga ini sangat mudah. Caranya adalah, cukup campur 1 sendok cuka apel bersama dengan 2 cangkir air. Setelah itu, aplikasikan memakai kapas lembut di wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya. Diamkan selama 10 menit, bila sudah bilas menggunakan air hangat. Lakukan cara ini sebanyak 2x sehari atau gunakan setiap kali selesai mencuci wajah.

Cuka apel dikenal baik untuk toner alami. Bahan ini baik untuk kulit wajah yang berminyak. Bahan ini bersifat astringent yang bisa menghambat produksi minyak yang berlebihan di kulit wajah, sekaligus bisa membuat pori-pori pada wajah menjadi mengecil. Dengan pemakaian secara teratur, bahan ini bisa membuat kulit wajah menjadi lebih cerah. Karena bahan ini bisa membuat tingkat pH kulit semakin seimbang.

Sehingga, kulit tidak akan terlalu berminyak dan juga tidak terlalu kering. Untuk membuatnya, cukup siapkan botol spray berukuran sedang. Tuang sebanyak 8 sendok makan cuka apel dengan 16 sendok makan air. Bila perlu, tambahkan minyak essensial kesukaan Anda agar aromanya lebih enak. Aduk rata, dan taruh ke dalam botol spray. Kini Anda bisa menggunakannya sebagai toner wajah.

Manfaat Cuka Apel untuk Melembutkan Kulit

Disamping cuka sari apel untuk bekas gigitan nyamuk, bahan ini juga bisa membuat kulit menjadi lebih lembut. Karena bahan ini dapat mengeksfoliasi kulit agar lebih halus. Kandungana lpha hidroxy acid didalamnya dapat membuat permukaan kulit yang dipenuhi oleh tumpukan sel kulit mati langsung terkelupas, sehingga sel kulit baru yang sehat akan segera tumbuh dengan cepat dan membuat kulit menjadi lebih halus.

Manfaat Cuka Apel untuk Mengatasi Sunburn

Terlalu lama terkena cahaya sinar matahari bisa membuat kulit menjadi rusak, mengalami iritasi, dan kemerahan. Cuka apel ini baik untuk mengobati kulit yang terbakar secara alami. Sifatnya sebagai astringent ini mampu membuat kulit yang terbakar karena sinar matahari menjadi lebih terasa menenangkan. Sehingga, proses penyembuhan menjadi lebih cepat. Bahkan, ternyata selain bisa menenangkan kulit, cuka apel baik untuk mengatasi peradangan, gatal, dan iritasi.

Cara untuk mengolahnya sangat mudah! campurkan saja ½ cangkir dari cuka apel dengan 4 cangkir air. Kemudian, pakai kain lembut atau kapas untuk mengaplikasikan larutan ini ke permukaan kulit yang telah terbakar. Dengan begitu, rasa terbakar dan rasa sakit karena sinar matahari bisa segera teratasi. Bila perlu, ulangi sampai beberapa kali sehari hingga cuka sari apel untuk bekas gigitan nyamuk ini terbukti keampuhannya.

Artikel Terkait:

Kategori: Artikel

0