Penyakit asam urat atau gout adalah sejenis penyakit sendi yang terjadi akibat kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam darah. Pada kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan keluar melalui urine. Tetapi dalam kondisi tertentu, tubuh dapat menghasilkan asam urat dalam jumlah berlebih atau mengalami gangguan dalam membuang kelebihan asam urat, sehingga asam urat menumpuk dalam tubuh.

Cuka apel untuk asam urat adalah sari yang diambil dari buah apel berkualitas tinggi yang mendapatkan proses fermentasi serta berwarna kuning kecoklatan. Adanya kandungan asam malat pada cuka sari apel mampu membantu memecah dan menghilangkan asam urat. Selain itu juga, cuka apel mampu mengembalikan keseimbangan asam basa dalam tubuh serta memberikan manfaat anti-inflamasi dan antioksidan. Berikut ini cara membuat dan menggunakan cuka sari apel untuk asam urat antara lain:

Penumpukan asam urat akan membentuk kristal di sendi, yang dapat memicu nyeri dan pembengkakan di berbagai sendi tubuh. Meskipun umumnya terbentuk di sendi, kristal asam urat juga bisa terbentuk di ginjal dan saluran kemih. Kondisi tersebut dapat mengganggu fungsi ginjal atau menyebabkan batu saluran kemih.

Walaupun disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah (hiperurisemia), tidak semua penderita hiperurisemia terserang penyakit asam urat. Faktanya, hanya 1/3 penderita hiperurisemia saja yang mengalami penyakit ini.

Apa saja gejala asam urat?

Dalam beberapa kasus, penyakit asam urat tidak menunjukkan gejala apapun pada awalnya. Gejala asam urat biasanya mulai muncul ketika penderita sudah mengalami kondisi yang akut atau justru kronis. Gejala yang paling umum adalah:

  • Nyeri sendi parah dan mendadak, yang sering pertama terjadi di pagi hari
  • Sendi bengkak dan lunak
  • Sendi kemerahan
  • Rasa panas di sekitar sendi

Gejala asam urat biasanya muncul tiba-tiba, tidak dapat diprediksi, dan sering terjadi di tengah malam. Sebagian besar gejala asam urat hanya terjadi dalam beberapa jam selama 1-2 hari. Namun pada kasus yang parah, nyeri pada sendi bisa saja terjadi dalam waktu berminggu-minggu. Jika Anda mengalami gejala ini, maka encok yang Anda miliki cukup parah.

Sementara, ada pula yang merasakan gejala encok hingga 6-12 bulan – dalam intensitas yang berbeda tiap harinya. Kondisi ini, cukup parah, dan bila Anda mengalaminya, lebih baik segera periksakan diri ke dokter.

Kemungkinan ada tanda­-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Cara Menggunakan Cuka Apel untuk Asam Urat

Berikut ini cara membuat dan menggunakan cuka sari apel untuk asam urat antara lain:

  • Ambil 1 sendok cuka sari apel murni dan masukkan ke dalam gelas air mineral
  • Setelah itu, minum ramuan cuka sari apel selama dua kali sehari
  • Dan anda juga bisa menambahkan dua sendok madu disetiap ramuan tersebut yang akan siap untuk dikonsumsi

Nah, demikian itulah terkait informasi mengenai cara menurunkan asam urat dengan cuka sari apel. Meski saat ini banyak masyarakat yang mengatakan khasiat cuka sari apel baik, Namun sampai saat ini belum ada bukti secara ilmiah yang menunjukkan kebenaran pada pernyataan tersebut. Sehingga pengobatan asam urat dengan cuka sari apel masih sangat diragukan.

Baca Juga: Menurunkan Kolesterol dengan Cuka Apel yang Jarang Diketahui

Kategori: Artikel

0