Cuka apel memiliki berjuta manfaat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Tingkat keasaman yang begitu tinggi membuat kita harus berhati-hati dalam mengonsumsi cuka apel ini. Salah satu merek cuka apel yang terbukti khasiatnya adalah cuka apel bragg. Cara minum cuka apel bragg pun cukup beraneka ragam, tergantung manfaat yang ingin kita dapatkan.

Cuka Sari Apel untuk Menurunkan Berat Badan

Siapa yang tidak ingin mendapatkan berat badan ideal? Anda dapat menggunakan cuka sari apel dengan aturan minum cuka apel bragg untuk mengoptimalkan program diet yang sedang dilakukan.

  1. Cuka sari apel yang mentah lebih baik untuk khasiat ini

Kebanyakan sumber mengatakan jika cuka sari apel yang belum disaring dengan cuka sari apel yang sudah dipasteurisasi dan disaring memiliki sifat yang berbeda. Terdapat dua jenis cuka, yaitu cuka apel organik merk bragg yang terdaftar secara rutin sebagai merk terbaik dan jenis kedua adalah cuka yang belum disaring. Cuka apel yang belum disaring memiliki sedimen atau induk yang merupakan sisa-sisa fermentasi.

  1. Minum tonik dari jus buah dan cuka sari apel sebelum makan

Pilihlah buah yang kaya vitamin C kemudian tambahkan cuka apel dalam jus. Anda bisa memilih jus jeruk atau grapefruit 237 ml dan mencampurkannya dengan cuka apel 2 sdm. Aduk sampai merata dan minumlah secara rutin sebagai cara minum cuka apel bragg.

  1. Saus salad dari cuka sari apel

Anda bisa menambahkan 2 sdm cuka apel dalam saus salad. Hindari penggunaan minyak pada salad untuk mendapatkan manfaat tambahan. Setelah itu, tambahkan peterseli, satu siung bawang putih dan sari lemon yang sudah dihaluskan dan tercampur rata. Salad rendah kalori ini dapat menjadi menu diet yang dapat membantu berat badan.

  1. Makan camilan bersama cuka sari apel

Sebuah penelitian di tahun 2005 menunjukkan bahwa, seseorang yang mengonsumsi roti dengan cuka apel lebih bisa menahan lapar dibandingkan dengan orang yang memakan roti saja.

Cuka Sari Apel untuk Pencegahan Diabetes

Manfaat lain dari cuka sari apel adalah untuk mencegah penyakit diabetes dengan aturan minum cuka apel bragg yang benar. Kandungan di dalam cuka apel mampu mengurangi kadar gula darah sehingga menurunkan risiko terkena diabetes.

  1. Larutan cuka apel sebelum tidur

Bagi Anda yang memiliki penyakit diabetes, bisa memanfaatkan khasiat dari cuka apel. Campurkan 2 sdm cuka apel kedalam satu gelas besar air minera. Cara minum cuka apel bragg larutan ini adalah satu jam sebelum tidur.

  1. Minum setiap malam untuk menurunkan kadar glukosa 4 sampai 6% semalam

Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa cuka apel bermanfaat bagi pencerita Diabetes Tipe II. Selain itu, cuka apel juga memengaruhi pengobatan insulin sehingga konsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum mengonsumsi cuka apel, khususnya bagi Anda yang menggunakan obat diabetes.

  1. Minum sebelum makan

Campurkan 2 sdm cuka apel ke dalam 177 ml air, kemudian tambahkan 59 ml sari buah cranberry murni dan sari jeruk nipis secukupnya saja. Manfaat ini akan lebih dirasakan bagi Anda yang berada dalam kondisi paradiabetes. Tingkat glukosa akan menurun, bahkan bisa mencapai setengahnya.

Cuka Sari Apel untuk Kesehatan Jantung

Jantung menjadi organ tubuh penting. Kesehatan jantung bisa Anda jaga melalui cuka sari apel yang mudah dijumpai.

  1. Ganti saus salad dengan cuka apel

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang mengganti saus salad menjadi minyak dan cuka memiliki risiko penyakit jantung yang rendah. Salah satu faktor yang memengaruhi adalah diet sehat yang dilakukan dengan mengonsumsi salad bersaud cuka apel.

  1. Minum cuka apel bersama air, teh atau jus

Cuka apel dapat Anda tambahkan ke dalam air, teh atau jus untuk mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan. Cara minum cuka apel bragg ini bisa mengurangi tekanan darah tinggi dan dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Aturan Minum Cuka Apel Bragg

  • Jangan meminum cuka apel secara langsung karena kandungan asam yang terlalu kuat bisa membuat kerongkongan Anda sakit.
  • Jangan menggunakan cuka apel sebagai sulemen kalium karena beberapa indikasi justru menunjukkan jika cuka apel dapat menurunkan kadar kalium. Oleh karena itu, bagi Anda yang mengalami osteoporosis atau radang sendi tidak diperkenankan meminum cuka apel.
  • Hindari meminum cuka apel bagi Anda yang menderita tukak lambung, sering mulas dan refluks asam.

Aturan minum cuka apel bragg harus diperhatikan agar tidak berbahaya bagi tubuh. Perhatikan benar cara mengonsumsinya agar khasiatnya bisa dirasakan.

Baca Juga: Ini Dia Manfaat Cuka Apel Bragg yang Perlu Anda Ketahui

Kategori: Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0