Cara membuat cuka apel sendiri memang benar-benar ekonomis dan berguna. Cuka apel adalah air fermentasi yang berasal dari buah apel, dalam bahasa ilmiah disebut sebagai apple cider vinegar. Orang Indonesia biasa menyebutnya dengan cuka apel.

Buah apel tentu telah akrab sekali dengan keseharian kita. Termasuk salah satunya ialah cuka apel yang  banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan ataupun, sehingga tak jarang cuka apel memang diperuntukkan sebagai obat herbal dan toner wajah.

Bagi yang berkeinginan merasakan manfaat cuka apel dapat dengan gampang membelinya di toko online. Tapi seandainya Anda punya waktu lowong dan berkeinginan membuatnya sendiri tentu saja bisa. Kalian uma perlu membaca lalu mempraktikkan langkah-langkah proses pembuatannya di bawah ini.

Cuka apel mengguakan bahan utamanya adalah buah apel, jadi siapkan 10 buah apel yang akan dijadikan cuka apel. Pastikan buah dalam kondisi segar supaya kwalitas cuka yang dibuat jadi baik. Cuci hingga bersih buahnya dan usahakan menggunakan buah apel organik.

Sesudah  bual apel tersebut bersih selanjutnya potong-potong apel tipis-tipis menjadi 4 bagian tanpa dikupas kulitnya.  Biarkan apel berada dalam suhu ruangan sampai warnanya berubah menjadi kecokelatan.

Setelah itu siapkan toples dengan penutup. Masukkan seluruh potongan buah apel ke dalam toples yang telah disiapkan tadi. Masukkan air ke dalam stoples sampai apel yang di masukkan ke dalam toples tadi terendam.

Sesudah apel dalam di rendam dalam toples, tutupi stoples dengan kain katun tipis. Biarkan kain berada di komponen atas stoples, namun tak membuatnya tertutup rapat. Hal ini ditujukan supaya lebih banyak oksigen dapat masuk ke dalam campuran tersebut.

Letakkan stoples yang tertutup di daerah yang hangat dan gelap. WC yang panas akan cocok. Anda juga dapat menyimpangnya di loteng atau gudang saat cuacanya hangat. Diamkan stoples selama 6 bulan dan setiap minggu aduk sekali.

Ambillah stoples di akhir jangka waktu fermentasi 6 bulan. Cairan tersebut akan memiliki lapisan buih di atasnya. Buih terwujud dari bakteri normal sebab alkohol berubah menjadi cuka.

Saringlah cairan tersebut lewat kain katun tipis perlahan-lahan ke dalam stoples kaca bermulut lebar lainnya. Anda dapat melaksanakannya dengan mengikatkan kain pada stoples yang pertama. Kemudian, tuangkan sedikit cairan itu ke dalam stoples yang kedua. Lakukan sampai seluruh cairannya tersaring dan masuk ke dalam stoples yang kedua. Tutup stoples cairan yang baru dengan kain katun tipis yang sama.

Simpan toples tadi dalam ruang bersuhu sejuk selama 4-6 minggu. Jauhkan dari cahaya matahari secara langsung dan juga air hujan. Pastikan untuk menyimpannya di lokasi yang aman dari jangkauan semut.

Pindahkan cuka apel yang telah benar-benar terfermentasi ke dalam wadah-wadah yang lebih kecil sesuai selera. Tutupi dan Anda bisa menyimpangnya di dalam kulkas untuk menjaga kesegarannya.

Bagaimana menurut Anda? Cara membuat cuka apel  memang cenderung repot dan membutuhkan waktu cukup lama. Anda tidak punya waktu untuk membuat cuka apel sendiri? Anda memerlukan solusi yang lebih praktis untuk mendapatkan manfaat dari cuka apel? Jangan khawatir. Jika merasa terlalu repot dengan tahapan tersebut, ada solusi yang direkomendasikan untuk Anda. Kini Anda bisa mendapatkan cuka apel berkulialitas pada kami, Caranya mudah, cukup hubungi kami.

Baca Juga:

Kategori: Artikel

0